-->
Skip to main content

Pendidikan Bagi Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Era Digital Sekarang

Opspwk.web.id - Assalamualaikum. Halo sahabat blog semua, semoga anda kalian dalam keadan sehat. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit yang sangat penting bagi anda semua, khususnya bagi orang tua dirumah tua siswa maupun tim pendidik disekolah. Dikesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang "Pendidikan Bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital Sekarang". Berikut ulasannya.


“Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian”,Pendidikan Bagi Orang Tua Dalam Mendidik Anak di Era Digital, Keluarga merupakan awal dari pendidikan bermulai, cikal bakal terbentuknya individu dengan kepribadian serta berbagai kebiasaan dan perilaku tercermin di kehidupan masyarakat pada keluarga nya masing-masing, pepatah yang sering kita dengar “buah jatuh tak jauh dari pohon” ternyata banyak benarnya yang kita rasakan saat ini, betapa tidak peranan awal keluarga dalam pendidikan sangat penting, vital dan paling nyata, merupakan elemen bahkan unsur pokok untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara, karena dari keluarga lah awal mula terbentuknya kepribadian, dari keluarga lah tumbuh dan berkembang nya berbagai kebiasaan yang di tanamkan dalam berbagai kebiasaan sehari-hari pada proses pendidikan keluarga masing-masing, karena awal bermula nya pendidikan dalam keluarga unsur ini seakan menjadi permanen, kuat serta tahan lama yang di bawa oleh individu ke kehidupan bermasyarakat, tulisan ini akan membahas pentingnya Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian


Keluarga merupakan pendidik yang pertama dan utama serta memiliki peranan yang strategis. Keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak adalah sebuah keniscayaan yang tak bisa dipungkiri. Berbagai studi menunjukkan bahwa keterlibatan keluarga dalam pendidikan dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Selain prestasi belajar, penumbuhan karakter juga membutuhkan peran keluarga. Kerjasama dan keselarasan antara pendidikan yang dilakukan di satuan pendidikan dan di lingkungan keluarga merupakan kunci keberhasilan pendidikan.



Suatu keberhasilan di dunia pendidikan semakin ideal jika sinergisitas terus diperkuat antara sekolah dan masyarakat, keterlibatan semua unsur tersebut diharapkan dari satuan pendidikan sebagai motor penggerak, Pada prinsip ideal nya sebuah ekosistem pendidikan perlu terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan didalam masyarakat.



Pendidikan bagi orang tua Bentuk kemitraan ini ingin membantu orang tua/wali dalam membangun kesadaran akan pendidikan anak, termasuk di antaranya adalah dengan mengembangkan lingkungan belajar di rumah yang kondusif (aman, nyaman dan menyenangkan). Pendidikan orang tua ini bisa berupa kelas orang tua/wali yang dilakukan rutin oleh sekolah atau masyarakat (komite sekolah, organisasi mitra dan komponen masyarakat lain). Kelas ini diharapkan dapat membantu orang tua/wali untuk:


a. memperoleh pemahaman yang benar tentang kondisi anak dan upaya-upaya yang dapat dilakukan;
b. meningkatkan peran positif dan tanggung jawab sebagai orang tua/wali dalam mengatasi permasalahan anak; dan
c. meningkatkan kerjasama yang lebih harmonis antara orang tua/ wali dan sekolah dalam membantu permasalahan anak.

Pendidikan Bagi Orang Tua dari Kemdikbud


Orang tua di rumah dalam sebuah keluarga adalah pendidik yang hebat sebenarnya jika memang pola asuh yang diberikan pada anak-anaknya tepat, ironisnya juga yang paling tak tersiapkan dalam pendidikan dalam tanda kutip tentang bimbingan dan pembinaan keluarga nya. bentuk nyata, mereka harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan anak-anak mereka dalam kondisi positif, hal ini akan jadi masalah lain jika orang tua dalam keluarga tersebut hanya sibuk mencari nafkah sehingga tanggung jawab vital yang dimiliki nya untuk mendidik anak-anak nya dengan baik dan benar malah terabaikan, Situasi seperti ini disebut miss educated.


Kadang-kadang hal demikian ini oleh orangtuanya tidak disadari, jadi tidak disengaja. Orang tua berbuat demikian mungkin karena tidak tahu, yaitu tidak tahu bagaimana mendidik anaknya dan tahu tetapi situasi memaksa demikian, mungkin karena terlalu sibuk. Oleh karena itu, untuk menjadi orang tua dituntut syarat-syarat tertentu agar anak-anaknya berkembang dengan baik. Jika suatu keluarga dikaruniai seorang anak, maka pada pundak orang tua itulah dibebankan usaha bagaimana agar anak-anaknya berkembang dengan baik. Jadi anak tidak diterima begitu saja, diberi makan dan pakaian tetapi diusahakan agar anak mampu berkembang dengan baik.


Baca juga : Cara Perawatan Laptop yang baik

Pendidikan bagi orang tua bentuk kemitraan dalam Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian




Orang tua harus mampu membagi-bagi perhatiannya kepada semua obyek di dalam rumah tangganya sebab di dalam keluargalah terjadi interaksi orangtua terhadap anak. Kasih sayang yang diberikan orang tua pada awal kehidupan seorang anak sangat membantu perkembangan anak bahkan menjadi dasar peletakkan kepribadiannya.
Namun pada realita nya selama ini, jika berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru. Sementara orangtua seperti diabaikan dalam pendidikan.



Baca juga : what is ms word

Suatu keberhasilan dalam pendidikan anak bergantung kepada keterlibatan keluarga.Banyak penelitian menunjukan bahwa keterlibatan orang tua di satuan pendidikan bermanfaat, antara lain:

  1. Bagi peserta didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan perilaku positif;
  2. Bagi orang tua memperbaiki pandangan terhadap satuan pendidikan, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat hubungan dengan anak; dan
  3. Bagi satuan pendidikan memperbaiki iklim satuan pendidikan, meningkatkan kualitas satuan pendidikan, dan mengurangi masalah kedisiplinan.
Sumber : https://gurusd.web.id , sahabat keluarga kemdikbud 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar