-->
Skip to main content

Silabus k13 Kelas 4 SD Revisi 2017 Semester 2



Silabus k13 merupakan suatu  rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau pada tema tertentu yang meliputi  standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus k13 ini juga sebagai penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

 


Silabus k13 Kelas 4 SD Revisi 2017 Semester 2


Kompetensi Dasar

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.4.Menerima berbagai bentuk persatuan dan kesatuan  suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.4.Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan

3.4.Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

4.4.Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  dalam  masyarakat

Bahasa Indonesia
3.6  Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan

4.6  Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

Ilmu Pengetahuan Alam
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

4. 1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dan tumbuhan.

Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2   Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia

4.2   Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia

Seni Budaya dan Prakarya
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah


Kegiatan PembelajaranSilabus k13 Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (25 jam pelajaran)

  • Menyimak cerita/gambar/tayangan  tentang keragaman hewan dan tumbuhan di Indonesia dengan penuh rasa syukur.
  • Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada.
  • Mencari informasi tentang interaksi  suku bangsa di Indonesia dengan alam (kearifan lokal).
  • Membaca teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan.
  • Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi yang telah dibaca.
  • Membacakan teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Pembagian Euclides dengan menggunakan hirarki pengelompokan hewan dan tumbuhan di sekitarnya. (misalnya hewan yang hidup di darat, diklasifikasikan menjadi berkaki dua atau empat, dan seterusnya sampai nama dari hewan tersebut)
  • Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar.
  • Membuat catatan hasil pengamatan bagian hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi
  • Membaca teks tentang keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya (pertanian, perikanan, dan peternakan).
  • Mendiskusikan keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya.
  • Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
  • Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
  • Mengamati prosedur variasi

 

Silabus k13 Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (25 jam pelajaran)

  • Menyimak cerita/ gambar/tayangan tentang berbagai bentuk keberagaman tempat tinggal suku bangsa di  Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
  • Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan rasa ingin tahu.
  • Mendengarkan puisi yang menggambarkan keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab.
  • Membacakan kembali puisi yang didengar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Mengidentifikasi kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan menggunakan contoh tinggi tumbuhan atau hewan di lingkungannya.
  • Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian hewan dan tumbuhan.
  • Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama.  (misalnya mengapa akar pohon mangga dan pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama).
  • Mengamati gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian tradisional, dan lainnya)
  • Mengumpulkan data tentang keragaman sosial budaya peserta didik di sekolah.
  • Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi di daerah setempat dan daerah lain.
  • Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan YME.
  • Mengamati prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.


Silabus k13 Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (25 jam pelajaran)

  • Mengamati gambar/tayangan  tentang peninggalan sejarah di Indonesia.
  • Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah.
  • Mencari informasi kebermanfaatan peninggalan sejarah  Indonesia sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa.
  • Membaca puisi yang tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya
  • Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang dibaca.
  • Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Mencari informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
  • Menyajikan informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam suatu laporan.
  • Membaca teks tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya.
  • Mendiskusikan pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
  • Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil diskusi pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
  • Mencari informasi mengenai tari daerah yang dianggap sebagai peninggalan sejarah budaya.
  • Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai upaya melestarikan peninggalan sejarah budaya.

Sumber : gurusd.web.id


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar