-->
Skip to main content

RPP PJOK Kelas 5 SD K13 Semester 2 Revisi 2017

RPP PJOK Kelas 5 SD K13 Semester 2 Revisi 2017, Untuk Kegiatan Belajar Mengajar di SD/MI berjalan dengan yang diharapkan oleh guru, maka tidak salahnya Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Penjas SD/MI Kurikulum 2013 versi terbaru pada semester 2. RPP PJOK Kelas 5 SD/MI terdiri dari beberapa tema dan sub tema pada RPP Penjas kurikulum 2013 semester 2 atau Genap.

Contoh RPP PJOK Kelas 5 K13 Semester 2 Revisi 2017

B. Kompetensi Dasa dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasa 

3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani

3.5.1. Menjelaskan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru



Indikator Pencapaian Kompetensi
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru
(cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.5.3. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.permainan tentang lingkungan hidup

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan berdiskusi kelompok dan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru-paru dengan percaya diri
2. Dengan mempraktekkan lari jarak menengah, siswa mampu mempraktekkan aktivitas jantung dan paru-paru dengan sportif
Materi pembelajaram : Buku siswa Revisi 2017

D. Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
• Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
• Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
• Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
• Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 
• Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
• Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

Kegiatan inti
• Pengetahuan siswa tentang manfaat dan cara
berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas 
latihan daya tahan jantung dan paru
• Keterampilan siswa dalam praktek berlari
• Sikap mandiri dan disiplin siswa dalam melakukan kegiatan praktek berlari
• Guru memberikan sumber informasi yang lain
untuk melengkapi pemahaman siswa tentang
manfaat lari dan hubungannya dengan daya tahan jantung dan paru
• Siswa menuliskan pemahaman mereka tentang hubungan antara  berlari dengan daya tahan jantung dan paru berdasarkabn hasil diskusi dan materi atau sumber informasi lainnya di kolom yang telah disediakan.
• Siswa bersama guru mempraktikan cara berlari yang benar, pada kegiatan ini siswa melakukan kegiatan berlari di luar ruangan kelas
• Guru memberikan umpan balik terhadap praktek berlari yang telah dilakukan siswa (28 jam pelajaran)

Kegiatan Penutup
• Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
• Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
• Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
• Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
• Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
• Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
• Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

Silakkan Unduh pada link di berikut ini :

RPP PJOK Kelas 5 K13 Semester 2 Revisi 2017

Sumber : Gurusd.web.id

Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Penjas SD/MI Kurikulum 2013 ini kami bagikan dan semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar